HEWAN KURBAN : 60% Sapi Berpenyakit Cacing Hati

PRINGSEWU (Lampost): Puluhan ekor sapi kurban di lima pekon dalam Kecamatan Pringsewu terkontaminasi penyakit cacing hati. Angka tersebut kemungkinan bertambah, mengingat belum semua data jumlah hewan kurban yang masuk.

Dirnani, kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Peternakan dan Perikanan Pingsewu, kemarin (6-11), mengatakan dari 158 ekor sapi di pekon Kelurahan Pringsewu Barat, Pringsewu Utara, Pringsewu Timur, Sidoharjo, dan Kelurahan Fajaresuk yang ditawarkan pedagang, 30 ekor di antaranya positif terkontaminasi cacing hati.

 

Sedangkan dari 123 ekor kambing yang dijajakan, empat ekor di antaranya mengalami penyakit serupa.

 

Dengan penemuan tersebut, pihaknya telah menginstruksikan panitia kurban agar hati hewan yang disembelih tidak segera dibagikan, tetapi secepatnya dimasukkan plastik kemudian dibakar atau dipendam dalam tanah.

 

Dirnani atau yang lebih akrap disapa Buyung selanjutnya mengatakan penyakit cacing hati berasal dari pakan berupa rumput yang telah menempel telur keong mas. Apabila penyakit tersebut sudah parah, sapi yang pakannya terkontaminasi mengalami mencret dan kurus.

 

Sementara Drh. Budi dari instansi yang sama membenarkan banyak hewan kurban, khususnya sapi, yang positif terkena cacing hati. Meskipun demikian, pihaknya belum dapat memerinci lebih jauh, mengingat pemotongan hewan pada hari yang sama tidak merata. (ONO/D-1)

2 Komentar

Kita berharap kepada pihak yang berwenang terkait dengan kasus sapi cacingan untuk melakukan beberapa hal :
1. Menjelaskan apakah daging sapi yang mengalami cacingan hati ini layak dikonsumsi atau tidak. Lalu apa resiko mengkonsumsi daging sapi yang cacingan hati ini.
2. Bila daging tersebut tidak layak konsumsi tetapi terlanjur telah dimakan, apa antisipasinya untuk memperkecil resiko.
3. Mensosialisasikan bagaimana cara mengantisipasi penyakit ini bagi sapi.
4. Apa ciri ciri sapi yang terkena cacingan hati, dan bagaimana cara mengobatinya.
5. Bila sapi yang terkena penyakit ini tidak layak konsumsi, agar dikeluarkan peraturan agar sapi yang terkena penyakit ini tidak disembelih untuk kepentingan pribadi, untuk dijual atau untuk sembelihan kurban.
Terima kasih.

Jika sapi terkena cacing hati mmpunyai ciri sapi trsbt galak/bringas,bulu kasar,berdiri terus tdk mau duduk,untk mengatasi dgn suntk obat everped

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: