INDUSTRI TRIPLEKS : Kejayaan Andatu Berakhir

 

Lampost :  Rabu, 05 October 2011 02:04

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Masa kejayaan industri tripleks PT Andatu Lestari Plywood tinggal menunggu hari. Kesulitan bahan baku membuat industri kebanggaan Lampung yang beralamat di Jalan Srengsem Km 11 Panjang, Bandar Lampung, itu perlahan mengurangi produksi dengan merumahkan lebih dari 400 tenaga kerja.Kepala Dinas Tenaga Kerja Bandar Lampung Dhomiril Hakim mengaku telah bertemu manajemen PT Andatu untuk membahas laporan tertulis dari pekerja yang merasa tidak dipenuhi haknya setelah dirumahkan.

“Namun, saat ini sebagian besar bekerja kembali dan hanya 74 yang masih dirumahkan. Pihak perusahaan mengakui ada perundingan dengan pekerja terkait kebijakan ini,” kata Dhomiril, Selasa (4-10).

Mengenai hal ini, Humas PT Andatu Zulkifli mengatakan bahan baku pembuatan tripleks (plywood) tidak ada lagi di Lampung. Menurut dia, bahan baku tripleks PT Andatu selama ini berasal dari Papua. “Belakangan ini di Papua juga begitu. Kalaupun ada harganya lumayan mahal,” kata Zulkilfi.

Bahan baku pembuatan tripleks kualitas terbaik adalah kayu hutan. Mengenai maraknya penanaman bahan baku seperti sengon dan jabon di Lampung, menurut Zulkifli, belum mencukupi kebutuhan karena berasal dari hutan tanaman rakyat.

Menurut data statistik ekspor Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, ekspor kayu dan olahan kayu, termasuk plywood, dari Lampung langganan masuk kategori menurun. Penurunan terjadi sejak tiga tahun terakhir.

Sejak Januari 2011, misalnya, dari delapan golongan barang utama ekspor Lampung, nilai ekspor kayu dan barang dari kayu terus merosot. Hanya Februari tercatat naik senilai 0,50 juta dolar AS. (Lihat tabel) (MG2/UDA/MIN/U-2)

 

dibuat tabel, pake ilustrasi kayu/sejenisnya

 

Penurunan Ekspor

Kayu dan Barang Kayu

Lampung 2011

(Dalam dolar AS)

 

  1. Bulan         Nilai

 

  1. Agustus       0,41 juta
  2. Juli          Tak tercatat
  3. Juni          0,18 juta
  4. Mei           6,96 juta
  5. April         Tak tercatat
  6. Maret         0,02 juta
  7. Januari       Tak tercatat

 

Sumber: BPS Lampung

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: